Apa Itu Model Bisnis? dan Jenis-Jenisnya

Posted on
Apa Itu Model Bisnis? dan Jenis-Jenisnya

Model bisnis mengacu pada pendekatan strategis yang dilakukan oleh perusahaan untuk menghasilkan nilai melalui aktivitas perusahaan seperti penjualan, layanan, pengolahan, atau berbagai jenis aspek bisnis lainnya. 
Jelas bahwa memahami kesemuanya sangat penting bagi pengusaha atau pemilik bisnis karena menjadi fondasi dalam merencanakan dan merumuskan strategi untuk perusahaan mereka.

Apa Itu Model Bisnis?

Dalam esensinya, adalah metode di mana organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai. 
Ini mencakup standar tertentu dan rencana kerja yang merinci bagaimana perusahaan menghasilkan pendapatan, mencapai tujuan bisnisnya, dan mempertahankan posisinya di pasar. 
Mampu Mendefinisikan  dengan baik adalah kunci keberhasilan bisnis dan merupakan bagian penting dari perencanaan bisnis.
Seiring berjalannya waktu, berbagai jenis model bisnis telah dikembangkan. Menyesuaikannya dengan jenis bisnis Anda sangat penting dan dapat menjadi faktor penentu keberhasilan bisnis Anda. 
Oleh sebab itu, berikut ini adalah penjelasan 10 jenis model bisnis yang paling populer.

10 Jenis Model Bisnis yang Paling Populer

1. Dropship

Dropship merupakan di mana penjual tidak memiliki barang namun mengatur sistem dimana produsen atau pihak ketiga akan mengirim produk langsung ke konsumen. 
Dengan model ini, penjual dapat fokus pada pemasaran dan layanan pelanggan tanpa perlu memikirkan persediaan dan pengiriman.

2. Waralaba

Waralaba yaitu ketika bisnis yang sudah sukses memperluas bisnis mereka dengan memberikan lisensi kepada pihak ketiga untuk beroperasi dengan menggunakan nama dan sistem bisnis mereka. 
Ini memungkinkan merek untuk berkembang tanpa perlu biaya dan risiko yang biasanya terlibat dalam membuka cabang baru.

3. Langganan

Langganan atau Subscription adalah ketika perusahaan mengenakan biaya berulang (mingguan, bulanan, dsb.) untuk akses ke suatu produk atau layanan. Contoh-contoh populer termasuk layanan streaming media, seperti Netflix atau Spotify.

4. Manufaktur

Manufaktur mencakup perusahaan yang menciptakan produk fisik dari bahan baku. Model ini biasanya membutuhkan investasi modal yang besar karena perusahaan harus membeli mesin, bahan baku, dan tenaga kerja untuk produksi.

5. Freemium

Freemium menawarkan layanan dasar secara gratis, namun mengenakan biaya untuk layanan premium atau fitur tambahan. Aplikasi mobile dan perangkat lunak sering menggunakan model ini.

6. One-for-one

Model bisnis one-for-one, atau satu-untuk-satu, ini adalah model yang ketika satu produk dibeli, perusahaan berjanji akan memberikan satu produk ke orang yang membutuhkan. Contoh terkenal adalah TOMS Shoes.

7. Bundling

Bundling, atau penjualan paketan, menggabungkan beberapa produk atau layanan menjadi satu paket yang dijual dengan harga yang lebih murah daripada jika dibeli secara terpisah.

8. Distributor

Model bisnis distributor melibatkan perantara yang menjual produk kepada pengecer atau konsumen akhir. 
Distributor membeli produk dalam jumlah besar dari produsen dan menjual dengan harga lebih tinggi.

9. Razor-blade

Dalam model bisnis razor-blade, perusahaan menjual produk dengan harga murah atau bahkan merugi untuk kemudian menjual barang konsumsi terkait dengan harga tinggi.
Contoh umum adalah penjualan mesin cukur dengan harga murah tetapi lalu menjual pisau cukur dengan margin yang lebih tinggi.

10. Marketplace

Model bisnis marketplace adalah platform dimana pembeli dan penjual bertemu dan bertransaksi. Penyedia marketplace akan mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang terjadi.

Penutup

Memahami berbagai jenis model bisnis ini akan membantu Anda memutuskan mana yang paling cocok dengan visi dan misi Anda. 
Ingatlah bahwa pilihan Anda adalah fondasi bisnis Anda, memilih yang tepat adalah kunci keberhasilan Anda. 
Jadi, perencanaan cerdas dan pemilihan yang bijak akan membantu Anda mencapai tujuan Anda dan meraih kesuksesan.
Referensi:
  • https://www.investopedia.com/terms/b/businessmodel.asp
  • https://seller.bukalapak.com/info/blog/seller-guide/115215-mengenal-tipe-model-bisnis-definisi-dan-jenis-jenisnya-yang-populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *