10 Ide Bisnis Franchise Makanan yang Cepat Balik Modal

Posted on
10 Ide Bisnis Franchise Makanan yang Cepat Balik Modal

Memulai sebuah usaha dengan jenis bisnis franchise makanan saat ini dipandang memiliki prospek yang cukup menjanjikan, dengan banyak pilihan program Franchise yang menjanjikan balik modal yang cepat.
Mengingat optimisme bisnis kuliner di Indonesia, penting bagi calon investor mengenal bisnis franchise makanan yang cepat balik modal.
Namun, seleksi terhadap jenis franchise yang akan dijalankan tentunya perlu dilakukan dengan cermat. Untuk itu, kami telah merangkum beberapa ide franchise makanan yang cepat balik modal.

Apa Itu Bisnis Franchise?

Bisnis franchise merupakan istilah yang sering kita dengar, namun tidak semua orang yang benar-benar memahami apa itu bisnis franchise. 
Seiring berkembangnya dunia usaha hari ini, bisnis franchise semakin menjadi pilihan utama bagi sebagian besar pengusaha. Tidak hanya bagi pengusaha-pengusaha besar, bisnis franchise juga menjadi pilihan bagi mereka yang baru memulai berbisnis.
Bisnis franchise dikenal sebagai sistem yang memungkinkan individu atau perusahaan (franchisee) untuk melakukan bisnis dengan menggunakan merek, sistem, dan model bisnis yang telah sukses dari sebuah perusahaan (franchisor). 
Franchisee membayar sejumlah uang, baik dalam bentuk biaya franchise, royalti, atau keduanya kepada franchisor untuk mendapatkan hak tersebut.
Pada dasarnya, bisnis franchise adalah sebuah perjanjian antara dua pihak. Pihak pertama adalah franchisor atau pemilik merek, dan pihak kedua adalah franchisee atau pengusaha yang ingin menggunakan merek tersebut dalam menjalankan usahanya. 
Dalam perjanjian ini, franchisor memberikan lisensi kepada franchisee untuk mengoperasikan bisnis dengan menggunakan nama, merek, logo, produk, dan sistem yang telah dikembangkan dan dipatenkan oleh franchisor.
Franchisee berhak untuk menjalankan usaha dengan menggunakan nama merek dan sistem yang telah dikembangkan oleh franchisor, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. 
Keuntungan utama dari sistem franchise adalah franchisee mendapatkan akses ke sistem operasional yang teruji, pelatihan dan dukungan secara berkelanjutan, serta merek yang telah dikenal di pasaran.

10 Ide Bisnis Franchise Makanan yang Cepat Balik Modal

Berikut ini beberapa opsi bisnis franchise kuliner yang memiliki peluang besar untuk mendapatkan balik modal dalam waktu lebih singkat.

1. Mie Gacoan

Mie Gacoan adalah salah satu franchise mie instan yang tengah hits saat ini. Dibanderol dengan harga yang terjangkau, Mie Gacoan menghadirkan variasi rasa menu mie yang lengkap dan unik, dari kepiting, ayam, hingga udang. 
Selain itu, investasi awal yang tidak terlalu besar dan biaya operasionalnya yang terjangkau, menjadikan bisnis franchise Mie Gacoan ini sebagai salah satu franchise yang cepat balik modal.
Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis franchise Mie Gacoan ini sekitar Rp 70 juta sampai 100 juta. Bagi yang memiliki dana terbatas, menjalankan bisnis franchise ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Rocket Chicken

Rocket Chicken adalah salah satu bisnis franchise makanan yang sedang naik daun. Franchise ini menjanjikan keuntungan yang menjanjikan, dengan proses balik modal yang relatif cepat. Menu yang ditawarkan Rocket Chicken cukup beraneka, mulai dari ayam goreng, ayam geprek, hingga nuget ayam.
Investasi awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis franchise Rocket Chicken ini berkisar di angka Rp 300 juta. 
Meskipun angka ini mungkin terdengar cukup besar, namun melihat potensi keuntungan yang bisa didapatkan, bisnis ini tetap masuk dalam jajaran bisnis yang cepat balik modal.

3. Sabana Fried Chicken

Sabana Fried Chicken mempunyai menu ayam goreng dengan pilihan saus yang beragam. Selain itu, franchise ini juga menawarkan beberapa menu tambahan lainnya seperti nasi, minuman, serta snack. 
Bisnis ini tidak memerlukan modal yang terlalu besar, dan manajemen yang baik akan mempercepat balik modal.
Bisnis franchise makanan seperti Sabana Fried Chicken mampu memberikan keuntungan besar bagi pemiliknya. Dengan modal awal sekitar Rp 17 juta, franchise ini bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan yang patut dipertimbangkan.

4. Bakso Benhil

Bakso menjadi menu favorit bagi masyarakat Indonesia. Dengan membuka franchise Bakso Benhil, Kamu dapat membuka bisnis dengan potensi pasar yang luas.
Saat ini, Bakso Benhil telah memiliki lebih dari 30 cabang di seluruh Indonesia. Dengan membeli franchise ini, Kamu bisa mendapatkan peluang besar untuk sukses.
Aktualisasi biaya franchise Bakso Benhil sangat rendah, yakni mulai dari Rp 4 juta saja. Dengan demikian menjadikannya sebagai pilihan bisnis franchise makanan yang cepat balik modal.

5. Martabak Orins

Martabak Orins adalah franchise yang menawarkan aneka rasa martabak manis dan asin yang lezat. Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini berkisar di angka Rp 75 juta.
Meski tergolong tinggi, franchise ini menjanjikan keuntungan yang besar dan cepat balik modal, terutama jika mengetahui bahwa martabak adalah makanan favorit banyak orang.

6. Grobbak Korea

Franchise Grobbak Korea menawarkan konsep makanan Korea yang sedang tren saat ini dengan harga yang terjangkau. 
Dengan modal awal sekitar Rp 10 juta, Kamu sudah bisa menjalankan bisnis franchise makanan ini.
Makanan korea kini sedang naik daun di Indonesia. Dengan memanfaatkan peluang ini, Grobbak Korea bisa menjadi pilihan bisnis franchise yang menarik.

7. Stick Kebab

Stick Kebab adalah franchise yang menyajikan makanan kebab dalam bentuk stick. Bisnis ini menawarkan peluang besar dengan modal awal yang relatif rendah, sekitar Rp 5 juta.
Franchise ini menjadi pilihan yang menarik karena cara penyajiannya yang unik dan berbeda dari kebab biasa.

8. Subway

Subway menjadi salah satu jaringan fast food peraih pendapatan terbesar di dunia. Menawarkan sandwich dan salad sehat, Subway merupakan franchise kuliner dengan pertumbuhan yang pesat.
Investasi yang dibutuhkan untuk memulai bisnis franchise makanan ini cukup besar akan tetapi penjualan produk yang tinggi membuat peluang balik modal menjadi lebih cepat. 
Pendampingan langsung dari perusahaan serta nama besar Subway bisa menjadi jaminan untuk pengembalian investasi dalam tempo yang relatif singkat.

9. Ngikan Yuk

Brand bisnis franchise makanan ini menawarkan menu unik, yakni berbagai varian makanan yang diolah dari ikan. Dengan konsep resto seafood, Ngikan Yuk menghadirkan sajian lezat dan bergizi bagi konsumen.
Paket waralaba Ngikan Yuk cukup terjangkau dan memberikan support berupa pelatihan, supply bahan baku, hingga strategi marketing. Ini menjadi potensi balik modal yang cepat bagi franchisee dan membuka peluang menuju sukses.

10. Kuch2hotahu

Kuch2hotahu ini tawarkan menu tahu yang diproses dengan cara dipanggang dan dikombinasikan dengan saus lezat. 
Makanan ini menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia yang mencari alternatif makanan ringan yang lezat dan sehat.
Dengan biaya waralaba yang terjangkau dan target pasar yang luas, Kuch2hotahu layak dipertimbangkan sebagai opsi bisnis franchise yang cepat balik modal.

Akhir Kata

Menjalankan bisnis franchise makanan membutuhkan pengetahuan, pengalaman, dan dukungan dari franchisor. 
Selain itu, pemilihan jenis usaha yang tepat akan menentukan keberhasilan dalam memperoleh balik modal serta laba yang diharapkan. 
Analisis dengan cermat dan pilihlah jenis usaha yang potensial dan tepat sesuai dengan keinginan serta kemampuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *